Bahaya Kopi Untuk Kesehatan


Bahaya Kopi - Kopi adalah aman untuk kebanyakan orang dewasa. Minum lebih dari 6 cangkir / hari dapat menyebabkan "kafeinisme" dengan gejala seperti kecemasan atau agitasi. Orang yang minum banyak kopi setiap hari mungkin perlu minum lebih banyak kopi untuk mendapatkan efek yang sama. Mereka juga dapat menjadi "bergantung" pada kopi ke titik bahwa mereka mengembangkan gejala penarikan diri jika mereka tiba-tiba berhenti minum.

Kopi yang mengandung kafein dapat menyebabkan insomnia, gugup dan gelisah, sakit perut, mual dan muntah, peningkatan jantung dan laju pernapasan, dan efek samping lainnya. Mengkonsumsi sejumlah besar kopi mungkin juga menyebabkan sakit kepala, kecemasan, agitasi, telinga berdenging, dan detak jantung tidak teratur.

Minum kopi tanpa filter dapat meningkatkan kolesterol total, low-density lipoprotein (LDL), dan tingkat jenis lain dari lemak darah yang disebut trigliserida. Ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Menggunakan filter kopi membantu mengurangi efek ini pada kolesterol.

Ada beberapa kekhawatiran bahwa minum lebih dari 5 cangkir kopi per hari mungkin tidak aman bagi orang-orang dengan penyakit jantung. Tapi bagi orang yang tidak memiliki penyakit jantung, minum beberapa cangkir sehari tampaknya tidak meningkatkan kemungkinan mengembangkan masalah jantung.

Ada juga kekhawatiran bahwa sesekali minum kopi bisa memicu serangan jantung pada beberapa orang. Orang-orang yang biasanya tidak minum lebih dari satu cangkir kopi harian dan juga memiliki berbagai faktor risiko untuk penyakit jantung tampaknya memiliki peningkatan risiko untuk serangan jantung dalam waktu satu jam setelah minum kopi. Tetapi orang-orang yang secara teratur minum dalam jumlah yang lebih besar tampaknya tidak memiliki risiko ini.

Kopi mungkin tidak aman ketika diberikan sebagai enema rektal. Enema kopi telah dikaitkan dengan kasus efek samping yang parah termasuk kematian.

Kewaspadaan Khusus & Peringatan:
Kehamilan dan menyusui: kopi berkafein mungkin aman bagi ibu hamil dalam jumlah 2 cangkir per hari atau kurang. Ini jumlah kopi menyediakan sekitar 200 mg kafein. Namun, minum lebih dari jumlah ini telah dikaitkan dengan peningkatan risiko keguguran, kelahiran prematur, dan berat lahir rendah. Risiko ini meningkat karena jumlah kopi minuman ibu selama kehamilan meningkat.

Minum 1 atau 2 cangkir kopi per hari tampaknya aman untuk ibu menyusui dan bayi mereka. Tetapi kafein dalam jumlah yang lebih besar dapat mengiritasi saluran pencernaan bayi menyusui dan juga menyebabkan masalah tidur dan lekas marah.

Anak-anak: Ini mungkin tidak aman untuk anak-anak untuk minum kopi berkafein. Efek samping yang berhubungan dengan kafein biasanya lebih parah pada anak-anak daripada orang dewasa.

Gangguan kecemasan: Kafein dalam kopi mungkin membuat kecemasan lebih buruk.

Gangguan perdarahan: Ada beberapa kekhawatiran bahwa kopi bisa membuat gangguan perdarahan parah.

Penyakit jantung: Minum tanpa filter (rebus) kopi meningkatkan jumlah kolesterol dan lemak lainnya dalam darah, dan juga meningkatkan tingkat homocysteine, yang semuanya dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara serangan jantung dan minum kopi.

Diabetes: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein yang terkandung dalam kopi mungkin mengubah cara orang dengan proses gula diabetes. Kafein telah dilaporkan menyebabkan kenaikan serta penurunan gula darah. Gunakan kafein dengan hati-hati jika Anda memiliki diabetes dan memonitor gula darah Anda hati-hati.

Diare: Kopi mengandung kafein. Kafein dalam kopi, terutama bila dikonsumsi dalam jumlah besar, dapat memperparah diare.

Irritable bowel syndrome (IBS): Kopi mengandung kafein. Kafein dalam kopi, terutama bila dikonsumsi dalam jumlah besar, dapat memperburuk diare dan mungkin memperburuk gejala IBS.

Glaukoma: Minum kopi berkafein meningkatkan tekanan di dalam mata. Kenaikan dimulai dalam waktu 30 menit dan berlangsung selama setidaknya 90 menit.

Tekanan darah tinggi: Minum kopi berkafein bisa meningkatkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi. Namun, efek ini mungkin kurang pada orang yang minum kopi secara teratur.

Penipisan tulang (osteoporosis): Minum kopi berkafein dapat meningkatkan jumlah kalsium yang memerah keluar dalam urin. Ini mungkin melemahkan tulang. Jika Anda memiliki osteoporosis, membatasi konsumsi kafein kurang dari 300 mg per hari (sekitar 2-3 cangkir kopi). Mengambil suplemen kalsium dapat membantu untuk menebus kalsium yang hilang. Wanita menopause yang memiliki kondisi warisan yang membuat mereka memproses vitamin D normal, harus sangat berhati-hati ketika menggunakan kafein.

2 comments:

  1. saya pernah minum kopi,saya gak tahu itu kopi jenis apa,habis itu saya langsung teler.

    BalasHapus